Tutorial: Surat Keputusan Penerimaan Siswa Baru SD

Pengantar



Surat keputusan penerimaan siswa baru SD adalah dokumen penting yang harus dimiliki oleh orang tua atau wali murid yang ingin mendaftarkan anaknya ke sekolah dasar. Surat keputusan ini berisi informasi tentang diterimanya atau ditolaknya calon siswa untuk menjadi murid di sekolah tersebut. Artikel ini akan memberikan tutorial tentang cara membuat surat keputusan penerimaan siswa baru SD dengan mudah dan lengkap.


Langkah 1: Persiapkan Dokumen



Sebelum membuat surat keputusan, pastikan Anda telah mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Hal-hal yang perlu dipersiapkan antara lain data pribadi calon siswa, hasil tes seleksi, dan informasi tentang program kegiatan sekolah.


Langkah 2: Buat Format Surat



Setelah mempersiapkan dokumen, langkah selanjutnya adalah membuat format surat keputusan. Format surat keputusan biasanya terdiri dari kop surat, tanggal surat, nomor surat, perihal, dan isi surat.


Langkah 3: Tulis Isi Surat



Isi surat keputusan harus jelas dan lengkap. Isi surat biasanya terdiri dari ucapan terima kasih, pengumuman diterima atau ditolaknya calon siswa, informasi tentang program kegiatan sekolah, dan tindak lanjut yang harus dilakukan oleh orang tua atau wali murid.


Langkah 4: Cetak Surat



Setelah isi surat selesai ditulis, langkah selanjutnya adalah mencetak surat keputusan. Pastikan menggunakan kertas yang baik dan printer yang berkualitas untuk menghasilkan surat keputusan yang jelas dan mudah dibaca.


Langkah 5: Tanda Tangan Surat



Surat keputusan harus ditandatangani oleh kepala sekolah atau pihak yang berwenang di sekolah. Pastikan tanda tangan tersebut sah dan menunjukkan keabsahan surat keputusan.


Langkah 6: Sampaikan Surat kepada Orang Tua atau Wali Murid



Setelah surat keputusan selesai dicetak dan ditandatangani, langkah terakhir adalah menyerahkan surat kepada orang tua atau wali murid. Pastikan orang tua atau wali murid memahami isi surat dan tindak lanjut yang harus dilakukan.


Kesimpulan



Membuat surat keputusan penerimaan siswa baru SD tidaklah sulit. Dengan mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan, membuat format surat, menulis isi surat dengan jelas, mencetak surat, menandatangani surat, dan menyerahkannya kepada orang tua atau wali murid, surat keputusan dapat dibuat dengan mudah dan lengkap. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi Anda yang ingin membuat surat keputusan penerimaan siswa baru SD.

close